Jam Tangan Pengukur Tensi

Jul 17,2019
Penemuan baru berteknologi tinggi telah dikembangkan oleh sebuah perusahaan alat kedokteran di Singapura. Perusahaan tersebut berhasil menciptakan jam tangan yang bisa mendeteksi tekanan darah tanpa menimbulkan nyeri maupun rasa tak nyaman.

Menurut Health STATS International, sebuah sensor kecil diletakkan di sisi bawah jam tangan tersebut. Apabila arloji dilingkarkan di pergelangan tangan, sensor tersebut letaknya tepat di atas arteri (pembuluh darah nadi). Lalu, sensor tersebut akan mencatat pulsasi arteri dan mengubahnya dalam bentuk data yang bisa dibaca.

Berbagai data bisa tercatat dari sensor itu. “Mulai ukuran tekanan darah dan polanya, rata-rata tekanan arteri, pola pulsasi dan detak jantung,” ungkap dr. Ting Choon Meng, penemu jam tangan berteknologi canggih itu. Informasi yang dikumpulkan tersebut bisa digunakan sebagai indikasi adanya suatu penyakit. Seperti, kemungkinan stroke atau perlunya memeriksakan kondisi jantung lebih lanjut.

Selama ini, mengukur tekanan darah kadang-kadang menjadi kondisi yang tidak menyenangkan bagi pasien. Pasalnya, ketika dipompa udara, cuff yang dilingkarkan pada lengan menekan kuat dan menimbulkan rasa nyeri. Bahkan, pada pasien yang harus menjalani operasi, pengukuran darah bisa dilakukan dengan memasukkan kateter (semacam selang) ke dalam pembuluh darah lengan. Selain menyakitkan, prosedur tersebut beresiko menimbukan infeksi.

Nah, dengan adanya sensor pada jam tangan tersebut, maka kemungkian rasa sakit dan infeksi itu bisa diminimalisir. “Selain itu, arloji tersebut bisa memudahkan dokter memprediksi resiko penyakit para pasiennya. Arloji tersebut juga dapat memonitor tekanan darah dalam 24 jam,” ungkapnya pada surat kabar Straits Times. Hal itu tentunya lebih akurat dibandingkan pemeriksaan rutin pasien setiap minggu atau bulan.

“Sebenarnya tujuan saya membuat jam tersebut ingin mengetahui apa saja yang terjadi setelah pasien meninggalkan tempat praktek,” cetusnya. Sehingga, lanjut ia, si peneliti dapat mendeteksi sekaligus mencegah timbulnya stroke ataupun serangan jantung pada pasien.
Sumber :
  1. https://merkterbaik.com/
  2. https://merekbagus.co.id/